Minggu, 15 September 2019

SOAL ESSAY MARKETING KELAS X-BDP

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan 
    dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan

jawaban:

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

tujuan segmentasi pasar:
1.pasar lebih mudah dibedakan 
2.pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
3.strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
4.menganalisis pasar
5.menemukan ceruk peluang

2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
    a. Measurable
    b. subtantial 
    c. Accesible
    d. Diferentiable
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

jawaban:

a.Measurable adalah informasi mengenai sifat sifat pembeli yang mencangkup                                                   ukuran,daya beli,dan segmen yang dapat diukur

b.subtantial adalah tingkat keluasaan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan jika                                  dilayani.

c.Accesible adalah segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif

d.Diferentiable adalah segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen didalam                                       segmen memiliki prefensi dan karakteristik namun secara                                                 eksternal dan internal adalah heteroghen

3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
    a. Preferensi Pelanggan 
    b. Sensitifitas harga
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi 
    tersebut berikan contohnya.

jawaban : a.Preferensi Pelanggan adalah prefesi pelanggan seperti presepsi bukan                                                                            makanan 
                    contoh:saus salad dengan semua bahan alami pelanggan yang tidak suka                                    bukan kimia 
                 b.sensitifitas harga  adalah ukuran kepekaan konsumen terhadap perubahan                                                                 suatu produk atau jasa 
                    contoh:.Mengamati perilaku pelanggan dan menghantarkan                                                       penawaran kepada perorangan.

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan 
    a. Demografis
    b. Geografis

jawaban:

a.Demografis adalah mendekati dan membagi pasar ke dalam kelompok kelompok                                             sejenis berdasarkan usia,gender.

b.Geografis adalah strategi yang berguna bagi banyak pelaku pemasaran 


5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.

jawaban :

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok                                                 pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik,                                                 atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk                                             atau bauran pemasaran yang berbeda.

Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari                                               berbagai masalah pasarAnalisis pasar menyangkut lokasi pasar,                                       luasanya pasar, sifat pasar dan karakteristik pasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar